Belajar Diniyah - Terjemah Lalaran Nadham Aqidatul Awam

Table of Contents
Terjemah Lalaran Nadham Aqidatul Awam - diniyah.my.id

diniyah.my.id - Kitab Aqidatul Awam merupakan karya klasik yang sangat populer di kalangan umat Islam, khususnya di lingkungan pesantren dan madrasah diniyah. Disusun oleh al-Imam al-‘Allamah Syekh Ahmad bin Muhammad al-Marzuki al-Maliki, kitab ini berbentuk nazham atau syair, sehingga mudah dihafal dan dipahami oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak dan pemula. Kandungan utama kitab ini adalah pokok-pokok akidah Ahlussunnah wal Jamaah, yang mencakup pembahasan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah dan Rasul, rukun iman, serta hal-hal gaib yang wajib diyakini oleh setiap Muslim

Adapun ringkasan Lalaran nadham Nadham Aqidatul Awam karya Syeikh Ahmad Marzuki yang juga dikenal sebagi Mufti di kota Makkah adalah sebagai berikut:

  1. Nama Kitab: Aqidatul Awam
  2. Pengarang: Syeikh Ahmad Al-Marzuki (Ahmad bin Muhammad Ramadhân bin Manshûr al-Makki al-Marzûki al-Mâliki al-Husaini al-Hasani)
  3. Lahir: Mesir pada tahun 1205 H.
  4. Wafat: Makkah pada tahun 1262 H.

Nadham Aqidatul Awam
(bait 1-57)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِیْمِ

( مُقَدِّمَةٌ )
Pendahuluan

أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللّٰهِ وَالرَّحْـمٰنِ (١) وَبِالرَّحِيْمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ

(1) Saya memulai dengan menyebut nama Allah, Dzat yang maha pengasih, dan Maha Penyayang, yang senantiasa kekal abadi keindahan / kebaikannya

فَالْـحَمْدُ لِلّٰهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ (٢) اَلْأٰخِـرِ الْـبَـاقـِيْ بِلَا تَحَـوُّلِ

(2) Maka segala puji bagi Allah Yang Maha Qadim (tidak bermula) dan Yang Pertama, Yang Maha Akhir, Yang Kekal tanpa perubahan

ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَرْمَدَا (٣) عَلَى الـنَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا

(3) Kemudian shalawat dan salam yang abadi tercurah kepada Nabi, sebaik-baik orang yang telah mentauhidkan / meng-esa-kan Allah

وَاٰلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِــعْ (٤) سَـبِيْلَ دِيْنِ الْـحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ

(4) Dan keluarga-Nya, para sahabat-Nya, serta siapa saja yang mengikuti jalan agama yang benar tanpa membuat-buat bid’ah

( الْإِیْمَانُ بِاللهِ )
Iman Kepada Allah

وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـةْ (٥) مِنْ وَاجِـبٍ لِلّٰهِ عِشْـرِيْنَ صِفَةْ

(5) Dan setelah itu, maka ketahuilah bahwa wajib mengetahui dua puluh (20) sifat yang wajib bagi Allah

فَاللّٰهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي (٦) مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلَاقِ

(6) Maka Allah itu sesungguhnya ada, qadim (tidak bermula), kekal, dan berbeda dengan makhluk secara mutlak

وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ (٧) قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِـمٌ بِكُلِّ شَيْ

(7) Dan Dia (Allah) Berdiri Sendiri, Maha Kaya, Esa (tunggal), dan Hidup. Maha Kuasa, Maha Berkehendak, Maha Mengetahui segala sesuatu

سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ (٨) لَهُ صِفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ

(8) Dia Maha Mendengar, Maha Melihat, dan Maha Berfirman. (Allah) memiliki tujuh (7) sifat yang tersusun (dalam bait kelompok ini)

فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ (٩) حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ

(9) Maka (sifat) Maha Kuasa, Maha Berkehendak, Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Hidup, Mempunyai Ilmu, dan Kalam (Allah) itu terus-menerus ada

وَجَائـِزٌ بِـفَضْلِهِ وَعَدْلِهِ (١٠) تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ

(10) Dan (bagi Allah) boleh, karena karunia dan keadilan-Nya, meninggalkan segala sesuatu yang mungkin sebagaimana (Allah bebas) melakukan-Nya".

( اَلْإِیْمَانُ بِالرُّسُلِ )
Iman Kepada Rasul

أَرْسَـلَ أَنْـبِـيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ (١١) بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ

(11) Dia (Allah) mengutus para nabi yang memiliki kecerdasan, dengan sifat benar, menyampaikan, dan amanah".

وَجَائِزٌ فِي حَقِّهِمْ مِنْ عَـرَضِ (١٢) بِغَيْرِ نَـقْصٍ كـَخَفِيْفِ الْمَرَضِ

(12) Dan boleh terjadi pada mereka (para nabi) dari sifat manusia tanpa mengurangi derajat kemuliaan, seperti sakit ringan.

عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ (١٣) وَاجِبَةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلَائِكَـةْ

(13) Kemaksuman mereka (para nabi) seperti para malaikat, itu wajib, dan mereka (para nabi) lebih utama daripada malaikat

وَالْمُسْتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ (١٤) فَاحْفَظْ لـِخَمْسِيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ

(14) Dan sifat mustahil adalah lawan dari setiap sifat wajib. Maka hafalkanlah lima puluh (sifat) sebagai hukum yang wajib

تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ (١٥) كُلَّ مُـكَلَّـفٍ فَـحَـقِّقْ وَاغْـتَنِمْ

(15) Merinci dua puluh lima (nabi) itu wajib, bagi setiap orang mukallaf, maka pahamilah dan ambillah manfaat

هُمْ أٰدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ (١٦) صَالِـحْ وَاِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ

(16) Mereka adalah nabi Adam, nabi Idris, nabi Nuh, nabi Hud bersama nabi Sholeh dan Ibrahim yang semuanya wajib diikuti

لُوْطٌ وَاِسْمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا (١٧) يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى

(17) Nabi Luth, nabi Ismail, nabi Ishaq, demikian pula nabi Ya‘qub, nabi Yusuf, dan nabi Ayyub yang patut diteladani

شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْـيَسَعْ (١٨) ذُوالْكِفْلِ دَاوُدُ سُلَـيْمَانُ اتَّـبَعْ

(18) Nabi Syuaib, nabi Harun, nabi Musa, dan nabi Ilyasa‘, nabi Dzulkifli, nabi Dawud, dan nabi Sulaiman yang diikuti

إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيَّا يَحْيَى (١٩) عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا

(19) Nabi Ilyas, nabi Yunus, nabi Zakariya, nabi Yahya, nabi Isa, dan Thaha (nabi Muhammad) penutup para nabi, maka jauhilah kesesatan

عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ (٢٠) وَاٰلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ

(20) Semoga shalawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa

( الْإِیْمَانُ بِالْمَلَائِکَةِ )
Iman kepada Malaikat

وَالْمَلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ (٢١) لَا أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلَانَوْمَ لَـهُمْ

(21) Dan para malaikat itu (diciptakan) tanpa ayah dan ibu, mereka tidak makan, tidak minum, dan juga tidak tidur

تَفْصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ (٢٢) مِـيْكَالُ اِسْـرَافِيْلُ عِـزْرَائِيْلُ

(22) Perincian sepuluh (malaikat), di antaranya adalah Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, dan Malaikat Izrail

مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا (٢٣) عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى

(23) Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir, Malaikat Raqib, demikian pula Malaikat ‘Atid, Malaikat Malik, dan Malaikat Ridwan yang patut diteladani

( الْإِیْمَانُ بِالْکُتُبِ )
Iman Kepada Kitab-Kitab

أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا (٢٤) تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْـهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا

(24) Ada empat kitab yang wajib dirinci, kitab-kitab tersebut adalah Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa sebagai petunjuk

زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى (٢٥) عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلَا

(25) Kitab Zabur diturunkan kepada nabi Dawud, kitab Injil diturunkan kepada nabi Isa, dan Al-Furqan (Al-Qur’an) diturunkan kepada sebaik-baik makhluk (Nabi Muhammad)

وَصُحُـفُ الْـخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ (٢٦) فِيْهَا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ

(26) Dan suhuf (lembaran-lembaran wahyu) yang diberikan kepada Khalil (nabi Ibrahim) dan Kalim (nabi Musa), di dalamnya terdapat firman Allah, Sang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui

( الْإِیْمَانُ بِالْیَوْمِ الْأٰخِرِ )
Iman Kepada Hari Ahhir

وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ (٢٧) فـَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ

(27) Dan segala sesuatu yang dibawa oleh Rasul, maka kewajiban kita adalah pasrah dan menerimanya

إِيْـمَـانُـنَا بِـيَوْمِ اٰخِرٍ وَجَبْ (٢٨) وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ

(28) Iman kita kepada hari akhir itu wajib, serta segala hal menakjubkan dan dahsyat yang ada padanya

( النَّبِيُّ مُحَمَّدٌ صَلَّی اللهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ )
Nabi Muhammad SAW (dan keluarganya)

خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ (٢٩) مِمَّا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ

(29) Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, yang wajib atas setiap mukallaf untuk ditunaikan

نَـبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِلَا (٣٠) لِلْـعَالَمِيْنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلَا

(30) Nabi kita Muhammad telah diutus, sebagai rahmat bagi seluruh alam dan keutamaan diberikan kepada beliau melebihi semua

أَبـُوْهُ عَبْدُ اللّٰهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ (٣١) وَهَاشِمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَـنْتَسِـبْ

(31) Ayahnya ialah Abdullah putra Abdul Mutholib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putra Abdu Manaf

وَأُمُّـهُ أٰمِـنَةُ الـزُّهْرِيَّـةْ (٣٢) أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّةْ

(32) Dan ibunya ialah Aminah Az-Zuhriyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sadiyyah

مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْنَةْ (٣٣) وَفَاتُـهُ بِطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْـنَةْ

(33) Kelahirannya di kota Makkah yang aman, dan wafatnya di Toyibah (Madinah)

أَتَمَّ قَـبْلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا (٣٤) وَعُمْرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّـيْنَا

(34) Sebelum turun wahyu, nabi Muhammad telah menyempurnakan (umur) 40 tahun, dan usia beliau melebihi 60 tahun

( اَوْلَادُهُ صَلَّی اللهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ )
Putra-Putri Nabi SAW

وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ (٣٥) ثَلَاثَـةٌ مِنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ

(35) Putra-putri beliu itu tujuh, tiga dari laki-laki

قَاسِمْ وَعَبْدُ اللّٰهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ (٣٦) وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ

(36) Sayyid Qasim dan Sayyid Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan dua sebutan inilah (At-Thoyyib dan At-Thohir) sayyid Abdullah diberi gelar

أَتَاهُ إبْرَاهِيْمُ مِنْ سُـرِّيـَّةْ (٣٧) فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِبْطِيَّةْ

(37) Sayyid Ibrohim terlahir dari budak perempuan, ibunya (sayyid Ibrohim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah

وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيـْجَةْ (٣٨) هُمْ سِتَّـةٌ فَـخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَةْ

(38) Selain sayyid Ibrohim, (semua terlahir) dari Sayyidatina Khodijah, mereka ada 6 orang, maka kenalilah dengan penuh cinta

وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ (٣٩) رِضْـوَانُ رَبِّي لِلـْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ

(39) Dan empat orang anak perempuan Nabi yang akan disebutkan, semoga rida Allah untuk mereka semua

فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ (٤٠) وَابْـنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ

(40) Sayyidah Fatimah Azzahro, suami beliau adalah Ali bin Abi Tholib, dan kedua putra mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang keutamaannya sudah jelas

فَزَيْـنَبٌ وَبَعْدَهَا رُقَـيَّةْ (٤١) وَأُمُّ كُـلْثُومٍ زَكَـتْ رَضِيَّةْ

(41) Kemudian sayyidah Zaenab dan selanjutnya sayyidah Ruqayah, dan sayyidah Ummu Kultsum yang suci lagi di Ridhoi

( اَزْوَاجُهُ صَلَّی اللهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ )
Istri-Istri Nabi SAW

عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى (٤٢) خُيِّرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَـفٰى

(42) Wafatnya nabi meninggalkan sembilan istri, mereka semua telah diminta untuk memilih (surga atau dunia), maka mereka memilih nabi yang menjadi panutan

عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ (٤٣) صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَرَمْلَةُ

(43) Sayyidah Aisyah, Sayyidah Hafshah, dan Sayyidah Saudah, Sayyidah Shofiyyah, Sayyidah Maimunah, dan Sayyidah Romlah

هِنْدٌ وَزَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَةْ (٤٤) لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَـرْضِـيَّةْ

(44) Sayyidah Hindun dan Sayyidah Zaenab, begitu pula Sayyidah Juwairiyah, Bagi kaum Mukminin mereka menjadi ibu-ibu yang di Ridhoi

( اَعْمَامُهُ صَلَّی اللهُ عَلَیْهِ وَسَلَّمَ )
Paman (dan Bibi) Nabi SAW

حَمْزَةُ عَمُّهُ وعَبَّاسٌ كَذَا (٤٥) عَمَّـتُـهُ صَفِيَّةٌ ذَاتُ احْتِذَا

(45) Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang yang patut diteladani

( الْإِسْرَاءُ وَالْمِعْرَاجُ )
Peristiwa Isro' Mi'raj

وَقَبْـلَ هـِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا (٤٦) مِـنْ مَـكَّةَ لَـيْلًا لِقُدْسٍ يُدْرَى

(46) Dan sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat

وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّمَا (٤٧) حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّـمَا

(47) Dan setelah Nabi Isro’ lalu Mi’raj (naik) ke atas, sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata

مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ (٤٨) عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ

(48) Tanpa bentuk dan ruang. Dan diwajibkan kepadanya (Shalat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu

وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْرَاءِ (٤٩) وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ

(49) Dan beliau (Nabi Muhammad) menyampaikan kepada umat tentang peristiwa Isro’. Dan kewajiban Shalat 5 waktu tanpa keraguan

قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِـتَصْـدِيْقٍ لَهُ (٥٠) وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ

(50) Sungguh beruntung sahabat Abubakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa (isro’) tersebut, juga peristiwa Mi’raj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isro’ mi’raj

( خَاتِمَةٌ )
Penutup

وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ (٥١) وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ

(51) Inilah Aqidah yang ringkas, dan bagi orang-orang awam (supaya) mudah dan gampang (dalam memahaminya)

نَاظِمُ تِلْكَ أَحْمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ (٥٢) مَنْ يَـنْـتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ

(52) Yang menadhamkan adalah Syeikh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernasab ke nabi yang benar dan dibenarkan

اَلـْحَمْدُ لِلّٰهِ وَصَـلَّى سَـلَّـمَا (٥٣) عَلَـى النَّبِـيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَـلَّـمَا

(53) Dan segala puji bagi Allah, serta shalawat dan Salam semoga tercurahkah kepada Nabi Muhammad, sebaik-baik orang yang telah mengajar

وَاْلأٰلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُـرْشِدِ (٥٤) وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ

(54) Dan Juga keluarga nabi, sahabat nabi serta orang yang telah memberi petunjuk dan orang yang mengikuti sebaik-baik petunjuk

وَأَسْأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ (٥٥) ونَـفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ

(55) Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan kemanfaatan bagi setiap orang yang berpegang teguh pada akidah ini

أَبْـيَاتُهَا (مَيْـزٌ) بِـعَدِّ الْـجُمَلِ (٥٦) تَارِيْخُهَا (لِيْ حَيٌّ غُـرٍّ) جُمَلِ

(56) Nadham ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah

سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ (٥٧) مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّـمَامِ

(57) Aku menamakan akidah ini Aqidatul Awam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna

Demikian Terjemah Lalaran Nadham Aqidatul Awam karangan Syeikh Ahmad Al-Marzuki ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment