Selamat & Sukses Atas Terselenggaranya Munaqosah Al-Qur'an - SDN Gedangan 1

Selamat & Sukses Atas Terselenggaranya Munaqosah Al-Qur'an - SDN Gedangan 1

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Munaqosah Al-Qur'an Oleh siswa-siswi kelas 6 ini dilaksanakan sebagai penunjang dalam program kecakapan baca al-Qur'an di tingkat Sekolah Dasar, Salah satu sekolah penggerak di Kecamatan Sumobito, yakni SDN GEDANGAN 1, mengadakan serangkaian kegiatan munaqosah Al-Qur'an untuk siswa-siswi kelas 6 sebagai bentuk pembekalan kepada siswa tentang bagaimana pentingnya membiasakan membaca al-Qur'an sejak dini sebagai bekal supaya kelak anak didik bisa menjadi anak yang sholih dan sholihah serta berbudi pekerti yang luhur yang sesuai dengan ajaran Islam.

Munaqosah Al-Qur'an yang diselenggarakan di SDN Gedangan 1 Kecamatan Sumobito ini, merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan sejak 5 tahun terakhir, yang juga dihadiri oleh walimurid kelas 6, dan dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Bapak Hadikin Setiyo Putro, S.Pd.SD., selaku kepala sekolah SDN Gedangan 1, dalam sambutanya yang sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan tentang pentingnya kegiatan Munaqosah Al-Qur'an ini, salah satunya adalah sebagai bentuk standar hasil kelulusan peserta didik untuk bekal kelak ketika anak didik akan melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya

Lebih lanjut beliau juga menyapaikan kepada pihak walimurid yang hadir terkait adanya kurikulum baru yang akan diterapkan di sekolah, hal ini beliau sampaikan agar terjadi sinergi antara pembelajaran di sekolah dan juga dukungan dari pihak wali murid.

Serangkain acara Kegiatan Munaqosah Al-Qur'an yang dipimpin Ibu Siti Novitasari, S,Pd. ini yang juga disaksikan oleh wali murid, alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Kegiatan ini diikuti 37 peserta dari siswa-siswi kelas 6.

Ketika satu persatu peserta munaqosah mulai dipanggil untuk naik ke podium, nampak wajah dan semangat yang menaungi mereka ketika mereka perlahan-lahan mulai melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an. Begitu juga pihak wali murid yang menyaksikan, nampak beberapa diantara mereka terharu dan juga ada sebagian tetesan air mata ketika melihat putra-putri mereka melantunkan ayat-ayat al-Qur'an yang diseleksi dan di nilai oleh dewan juri secara ketat dan selektif sebagai bentuk pertanggung jawaban atas hasil prestasi siswa dalam bidang membaca Al-Qur'an

Ustadz Masduqin, S.PdI, salah satu dewan juri yang ikut menilai selama munaqosah berlangsung, sebagaimana ketika kami konformasi setelah acara selesai ikut juga memberikan apresiasi supaya tahun depan kegiatan ini bisa ditingkatkan dengan program hafalan juz 30, sebagaimana dalam juknis PPDB tahun ajaran 2022-2023 tingkat SMP di Kabupaten Jombang bahwa siswa-siswi yang hafal juz 30 bisa masuk ke sekolah SMPN Negeri melewati jalur prestasi.

Akhir kata semoga dengan adanya kegiatan Munaqosah Al-Qur'an ini bisa menjadi bekal siswa untuk lebih giat belajar al-qur'an dan juga semakin mencintai al-Qur'an.


Hafalan Nadham Aqidatul Awam Kelas 5 dan 6

youtube image